Implementasi Pendidikan Multikultural Berbasis Kurikulum Merdeka di Kinderstation Senior High School Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan multikultural
berbasis kurikulum merdeka di Kinderstation Senior High School Yogyakarta. Penelitian
ini merupakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru,
dan Siswa. Hasil dari studi menunjukan strategi yang dilakukan oleh sekolah melalui
pengembangan kurikulum merdeka yang mendorong pemahaman tentang keragaman
budaya, sosialisasi, saling menghargai, dari tingkat kesadaran lintas budaya di kalangan
sekolah. Faktor penghambatnya adalah individu sikap yang kurangnya sosialisasi. Salah
satu upaya yang dilakukan sekolah adalah dengan memberikan pemahaman pada peserta
didik melalui pola implementasi pendidikan multikultural pada setiap sisi kehidupan di
sekolah, baik melalui kegiatan ekstra- kurikuler. Dilihat dari dimensi dalam program
kegiatan Religion Empowerment yang melibatkan beberapa guru mata pelajaran dan tema
pembelajaran. Selain itu, sekolah perlu memaksimalkan peran kepala sekolah dan guru
sebagai garda terdepan dalam implementasi pendidikan multikultural di sekolah. Dengan
demikian, pendidikan multikultural dapat meminimalisir konflik serta memberikan
pemahaman akan nilai-nilai positif keberagaman pada peserta didik khususnya. Selain itu,
kebijakan sekolah yang mendukungkeberagaman, seperti perayaan budaya dan kegiatan
ekstrakurikuler yang mempromosikan toleransi, juga memberikan kontribusi positif dalam
mengimplementasikan pendidikan multikultural.