Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Terhadap Keamanan dan Kehalalan Produk Kosmetik
Abstract
Latar Belakang: Kosmetik sangat diperlukan untuk manusia, industri kosmetik nasional memperoleh kenaikan pertumbuhan sebanyak 20% per tahun. Pengetahuan mengenai kosmetik aman dan halal dapat mempengaruhi sikap terhadap pemilihan dan penggunaan produk kosmetik.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap mahasiswa UII terhadap keamanan dan kehalalan produk kosmetik.
Metode: Metode penelitian ini yaitu observasional melakukan survei analisis menggunakan kuesioner dengan sampel sebanyak 110 responden. Pada mahasiswa UII yang menggunakan kosmetik, dengan teknik accidental sampling pada bulan Januari-Februari 2023. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dalam bentuk persentase dan menggunakan uji rank spearman.
Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukan pengetahuan mahasiswa UII terhadap keamanan dan kehalalan produk kosmetik kategori baik sebanyak 74,55% responden, cukup 20,91%, dan pada tingkat pengetahuan kurang 4,55%. Sikap mahasiswa UII terhadap keamanan dan kehaJaJan produk kosmetik kategori positif sejurnlah 98,18% responden dan negatif sejumlah 1,82%, selisih antara sikap positif dan negatif terbilang jauh. Hubungan antara pengetahuan dengan sikap mahasiswa UII terhadap keamanan dan kehalalan kosmetik diketahui nilai sig (2-tailed) 0,024
< 0,05 dan korlasi antara variabel dari total X (Pengetahuan) dan total Y (Sikap)
menunjukan angka korelasi positif sebesar +0,216.
Kesimpulan: Dapat disimpulkan terdapat hubungan pengetahuan dengan sikap mahasiswa UII terhadap keamanan dan kehalalan kosmetik, dan memiliki tingkat kekuatan korelasi yang cukup.
Collections
- Pharmacy [1444]