dc.description.abstract | Daerah Kulon Progo merupakan daerah rawan longsor, khusus nya pada daerah
Kalibawang. Dimana jenis tanah pada daerah tersebut adalah berupa lempung dan lanau, sehingga
apabila terjadinya hujan maka tanah tersebut menjadi labil. Resiko yang dihadapi apabila ingin
membangun bangunan pada daerah tersebut adalah bahaya kelongsoran.
Penelitian yang dilakukan dengan memanfaatkan garam dapur (NaCl) sebagai bahan
aditif untuk stabilisasi tanah dari Banjarharjo Kalibawang dengan merubah sifat fisik melalui
pencampuran dengan bahan tambah garam dapur (NaCl) prosentase 20 %, 30%, 40%, dan 50%
dengan pemeraman selama 3 dan 7 hari terhadap kuat geser tanah. Dengan melakukan analisis
stabilitas lereng studi kasus pada jalan Nasional III Yogyakarta-Wonosari KM 17 Piyungan
Kabupaten Gunung Kidul, dan menggunakan program Plaxis versi 8.2 dengan model 2D.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanah asli didaerah Banjarharjo Kalibawang
termasuk jenis kelompok pasir bergradasi buruk, bersifat lempung anorganik dengan plastisitas
tinggi atau dapat ditulis dengan simbol CH, berdasarkan klasifikasi tanah sistem Unified.
Kepadatan berat volume kering maksimum didapatkan sebesar 1,766 gr/cm3 dan kadar air
optimum sebesar 36,5%. Penambahan bahan tambah garam dapur (NaCl) terhadap sudut geser (ϕ)
mengalami peningkatkan terbesar pada pemeraman 7 hari pada prosentase campuran 30 % yaitu
dari 11,781° menjadi 15,714° serta nilai kohesi (c) mengalami peningkatkan terbesar pada
pemeraman 7 hari pada prosentase campuran 50 % yaitu dari 0,235 kg/cm2 menjadi 0,413
kg/cm2. Penambahan bahan tambah garam dapur (NaCl) terhadap nilai faktor keamanan pada
lereng timbunan dengan studi kasus Jalan Wonosari Km 17, Piyungan mengalami peningkatan.
Nilai faktor aman yang didapat dengan menggunakan program plaxis v8.2 pada tanah asli
mendapatkan angka aman sebesar 1,346, dan setelah dilakukan stabilisasi menggunakan garam
dapur (NaCl) nilai faktor aman yang terbesar didapat pada pemeraman 7 hari pada prosentase
campuran 50 % yaitu 2,196. | en_US |