Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Oleh Apoteker di Puskesmas Ngemplak 1
Abstract
Latar Belakang: Ketidakpuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian yang dapat di ukur dengan harapan pasien jauh lebih tinggi dari pada kenyataan
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarrnasian oleh apoteker di Puskesrnas Ngernplak 1.
Metode : Instrumen yang digunakan dalarn penelitian ini adalah dengan rnenggunakan kuesioner yang terdiri dari 5 dimensi, yaitu kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty) dan bukti langsung (tangible). Rancangan penelitian ini berbentuk penelitian prospektif cross sectional. Sampel dalarn penelitian ini adalah sebanyak 150 orang. Pengolahan data rnenggunakan microsoft excell.
Hasil : Tingkat kepuasan pada kehandalan (reliability)78.89%, ketanggapan (responsiveness)72.53%, jarninan (assurance)86.22%, ernpati (emphaty)86.00% dan bukti langsung (tangible)84.67%
Kesimpulan : Dapat disimpulkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanankefarmasian oleh apoteker di Puskesmas Ngemplak 1 sebesar 89,515%
Collections
- Pharmacy [1444]