Analisis Usability Sistem Aplikasi Netraku Menggunakan Metode Usability testing
Abstract
Tunanetra adalah ketidakmampuan seseorang untuk melihat, baik secara total
maupun sebagian. Pada tahun 2021 jumlah dari penyandang tunanetra di Daerah
Istimewa Yogyakarta berdasarkan data dari Badan Sosial adalah sebanyak sekitar
2.192,00 jiwa. Aplikasi Netraku terlahir sebagai teknologi Artificial Intelligence
(AI), yang dapat mengetahui nama benda dengan cara mengarahkan kamera ke
benda, dan Aplikasi Netraku akan mengeluarkan informasi suara nama benda
tersebut, dengan pengguna nya yaitu tunanetra. Oleh karena itu diperlukan suatu
pengembangan dari Aplikasi Netraku demi mengetahui bagaimana kebutuhan
pengguna dari sistem Aplikasi Netraku, dan mengetahui nilai efektivitas dan
efesiensi, serta memberi rekomendasi perbaikan terhadap Aplikasi Netraku yang
dapat menangani keluhan dari pengguna. Metode yang digunakan adalah usability
testing dengan teknik performance measurement, focus group discussion, dan
participatory design. Focus group discussion menghasilkan kebutuhan dari
pengguna terhadap aplikasi Netraku, sehingga dilakukan uji usabilitas yang
dilakukan oleh 6 responden dihasilkan rata-rata nilai efektivitas pada tingkat
keberhasilan sebesar 83,33 % dan tingkat kegagalan sebesar 16,7%, yang artinya
pengguna dapat menyelesaikan task yang diberikan dengan efektif. Sedangkan
untuk nilai efisiensi rata-rata waktu pengerjaan adalah sebesar 10,34 detik. Dengan
hasil yang didapatkan, maka terdapat beberapa kendala dari fitur Aplikasi Netraku,
sehingga dibuat design solution untuk pengembangan dari aplikasi tersebut.
Collections
- Industrial Engineering [2235]