Peran Qana’ah Terhadap Konsumtivisme Remaja yang Sedang Berkuliah
Abstract
Penelitian ini menguji peran qana’ah terhadap konsumtivisme remaja yang
sedang berkuliah. Sampel akhir terdiri dari 217 mahasiswa yang memenuhi
kriteria beragama Islam menyelesaikan pengukuran Consumer Involvement
(Kuesioner Konsumtivisme) dan Qana’ah (Kuesioner Qana’ah). Analisis korelasi
parsial digunakan untuk menguji hubungan ini. Hasil menunjukkan bahwa
terdapat hubungan negatif yang signifikan antara qana’ah dan konsumtivisme
yang mana semakin tinggi qana’ah maka semakin rendah konsumtivisme dan
sebaliknya. Analisis lain menunjukkan bahwa peran qana’ah terhadap
konsumtivisme lebih kuat pada partisipan laki-laki daripada partisipan perempuan.
Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa peran qana’ah terhadap
konsumtivisme lebih kuat pada partisipan yang belanja lebih dari tiga kali dalam
sebulan. Sebagian temuan mendukung penelitian sebelumnya, dan menyarankan
untuk peneliti selanjutnya mengukur peran qana’ah terhadap konsumtivisme
berdasarkan tingkat usia dan domisili.
Collections
- Psychology [2270]