Show simple item record

dc.contributor.authorArrasyid, Raafi Haidar
dc.date.accessioned2023-06-22T02:48:04Z
dc.date.available2023-06-22T02:48:04Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/45073
dc.description.abstractLatar Belakang : Pada era pandemi COVID-19, peningkatan kebutuhan dalam bidang kesehatan menjadi tantangan dalam penyediaan pelayanan yang berkualitas yang sesuai dengan harapan masyarakat. Pelayanan kesehatan yang berkualitas adalah pelayanan yang sesuai dengan harapan pasien. Kualitas tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor dari sistem pelayanan berupa lima dimensi kualitas yang perlu diketahui dari fasilitas kesehatan seperti Puskesmas. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk 1.) Mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan poliklinik umum di era pandemi COVID-19 2.) Mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan poliklinik umum terhadap tingkat kepuasan pasien pada era pandemi COVID-19 di Puskesmas Secang I, Kabupaten Magelang Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain cross sectional study yang dilakukan di Poliklinik Umum Puskesmas Secang I, Kabupaten magelang yang dilaksanakan pada bulan November 2022. Populasi merupakan pasien yang telah menjalani pelayanan poliklinik umum selama penelitian dilakukan. Sampel penelitian diambil melalui teknik accidental dengan perhitungan Malhotra. Total sampel yang memenuhi kriteria inklusi berjumlah 106 pasien. Kemudian, dianalisis uji validitas, reliabilitas dan Importance Perfomance Analysis/ IPA Hasil : Penelitian ini didapatkan bahwa dari kelima dimensi pelayanan Puskesmas Secang I bagian Poliklinik umum belum memenuhi harapan pasien nilai Q<1; tingkat kesesuaian antara pelayanan dengan harapan pasien didapatkan gap sebesar -0.25 sedangkan dimensi dengan gap terbesar yaitu empati; berdasarkan analisis IPA yang tergolong kuadran IV yaitu dimensi empati Kesimpulan : Bahwa dari kelima dimensi belum memenuhi harapan pasien dalam pelayanan poliklinik umum perlu peningkatan dan perbaikan khususnya dalam bidang empati karena memiliki skor terendah diantara kelima dimensi lain.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectKepuasanen_US
dc.subjectPoliklinik Umumen_US
dc.titleAnalisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Poliklinik Umum pada Era Pandemi Covid-19 di Puskesmas Secang I, Kabupaten Magelangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19711060


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record