Kepercayaan Merek dan Pengaruh Teman Sebaya dengan Loyalitas Konsumen Niaga-e Pada Mahasiswa
Abstract
Loyalitas konsumen merupakan hal yang penting bagi sebuah usaha. Variabel yang dapat mendukung
adalah kepercayaan merek dan pengaruh teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan kepercayaan merek dan pengaruh teman sebaya dengan loyalitas konsumen niaga-e pada
mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan melibatkan mahasiswa aktif S1 dan S2
dari beberapa universitas di DIY, yang memiliki akun dan secara aktif berbelanja di Shopee. Jumlah
responden sebanyak 118 responden. Alat ukur yang digunakan untuk variabel loyalitas komsumen
dari Bobâlcă, dkk., yaitu Customer Loyalty Scale (CLS) (a = 0,926). Variabel kepercayaan merek
menggunakan skala dari McKnight dkk., Trust Belief Scale (TBS) (a = 0,945). Variabel pengaruh teman
sebaya dari Bristol dan Mangleburg, Peer Influence Scale (PIS) (a = 0,890). Analisis data menggunakan
regresi berganda, dengan bantuan software JASP vers 0.17.0. Hasil penelitian menunjukkan hubungan
positif kepercayaan merek dan pengaruh teman sebaya dengan loyalitas konsumen Shopee sebesar
48,5%. Hubungan kepercayaan merek dengan loyalitas konsumen terbukti lebih kuat (38,7%)
dibandingkan hubungan pengaruh teman sebaya dengan loyalitas konsumen Shopee (9,7%). Artinya,
kepercayaan merek harus mendapatkan penanganan prioritas ketika ingin menguatkan loyalitas
konsumen niaga-e pada mahasiswa.
Collections
- Master of Psychology [346]