Implementasi Media Plickers pada Mata Pelajaran PAI untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif C1 dan C2 (Studi Kasus pada Siswa SD N Candirejo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta)
Abstract
Proses pembelajaran yang dilaksanakan para pengajar terutama pada
pelajaran PAI saat ini masih menggunakan media-media pembelajaran yang
monoton dan minim dengan media interaktif, perlu hal baru dala medi
apembelajaran sehingga dapat meningkatkan aspek-aspek kognitif siswa. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan aspek koginitf tingkat pengetahuan (C1) dan
pemahaman (C2) pada pelajaran PAI dengan menguji coba menggunakan media
pembelajaran interaktif plickers di SD N Candirejo Kelas III hingga VI
menggunakan metode pada setiap ujicoba.Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan model Kurt Lewin dengan
empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik
penentuan sampel purposive sampli. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas
III sampai VI yang berjumlah lebih dari 100 siswa, kepala sekolah dan walikelas.
Teknik pengambilan data menggunakan Teknik ujicoba, wawancara, instrument
dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa 1) Media plickers dipilih
sebagai media pembelajran yan gdinilai unik dan inovatif serta mengedepankan
fokus siswa, 2) ujicoba dilaksanakan dengan tiga siklus atau metode dengan
masing-masing tahapan setiap kelas, yaitu metode test in study, pretest dan posttest.
3) Ujicoba pada setiap kelas dan metode menghasilkan rata-rata skor diatas 90%,
hal tersebut dapat dikatakan peningkatan aspek pengetahuan dan pemahaman
berhasil meningkat hingga 90%.