Perilaku Pencarian Informasi Covid 19 dan Implikasinya pada Strategi Komunikasi
Abstract
Pandemi Covid 19 yang masuk ke Indonesia sejak akhir 2019 atau awal 2020 telah mengalami penurunan secara signifikan dari jumlah penderita. Dalam hal ini, krisis memberikan banyak pelajaran bagi masyarakat dan pengambil kebijakan. Salah satu pelajaran penting adalah bagaimana masyarakat mencari informasi dan bagaimana kebijakan komunikasi pemerintah dirumuskan. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji perilaku pencarian informasi masyarakat selama Pandemi Covid 19, dan bagaimana hal itu berimplikasi pada kebijakan komunikasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode campuran. Penelitian kuantitatif diselenggarakan melalui survei dan analisis big data, sedangkan penelitian kualitatif dilakukan melalui diskusi kelompok terfokus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang digunakan masyarakat mendapatkan informasi sangat beragam. Media sosial menjadi yang paling banyak digunakan. Namun sayangnya, tingkat kepercayaan terhadap informasi dari media sosial sangat rendah. Televisi menjadi media yang paling dipercaya. Strategi komunikasi seyogianya berpijak pada perilaku masyarakat dalam mencari informasi sehingga komunikasi krisis mengenai Covid 19 dapat dikerjakan dengan baik.