dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik dan mengetahui peran dari
dukungan teman sebaya terhadap penerimaan diri tanpa syarat siswa SMA selama
pandemik Covid-19. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah akan ada
hubungan positif antara dukungan teman sebaya terhadap penerimaan diri tanpa
syarat pada siswa SMA pada masa pandemik Covid-19. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional.
Jumlah subjek dalam penelitian ini terdiri dari 214 subjek dengan kriteria subjek
berada di bangku kelas X, XI atau XII, dalam rentang usia 15-18 tahun dan siswa
SMA yang bersekolah di wilayah Indonesia. Variabel yang dilibatkan dalam
penelitian ini penerimaan diri tanpa syarat dengan dukungan teman sebaya dan
menggunakan variabel kontrol social desirability. Skala yang digunakan dalam
penelitian untuk mengumpulkan data menggunakan gabungan dari subaitem
dukungan teman sebaya pada skala Multidimensional Scale of Perceived Social
Support (MSPSS) yang disusun oleh Zimet, Dahlem, Zimet & Farley (1988) dan
Social Emotional Health Suvery-Secondary (SEHS-S) yang disusun oleh Furlong,
Dowdy & Nylund-Gibson (2018), sementara pada variabel penerimaan diri tanpa
syarat menggunakan skala Unconditional Self- Acceptance Questionnaire
(USAQ) yang disusun oleh Chamberlain & Haaga (2001). Hipotesis dalam
penelitian ini menunjukan bahwa terapat hubungan yang positif antara dukungan
teman sebaya terhadap penerimaan diri siswa SMA. | en_US |