Show simple item record

dc.contributor.authorVINY ADINDA HARFIANI
dc.date.accessioned2023-05-25T02:24:46Z
dc.date.available2023-05-25T02:24:46Z
dc.date.issued2023-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/44934
dc.description.abstractSelf-esteem yang dimiliki seseorang akan berpengaruh terhadap bagaimana individu melihat dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara social comparison dengan self-esteem pada remaja pengguna Instagram di Bandar Lampung (n=174). Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan survei sebagai metode pengambilan data. Alat ukur yang digunakan adalah Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) milik Rosenberg dan Iowa-Netherlands Comparison Orientation Measure (INCOM) milik Gibbons & Buunk. Data dianalisis dengan uji korelasi menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara social comparison dengan self-esteem pada remaja pengguna Instagram di Bandar Lampung. Social comparison memiliki korelasi yang kuat dengan salah satu aspek self-esteem yakni self-decprecation. Artinya jika seseorang melakukan social comparison secara berlebihan akan membuat individu merasa dirinya menjadi rendah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka hipotesis pada penelitian ini diterima.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleHubungan Social Comparison Dengan Self-Esteem Pada Remaja Pengguna Instagram Di Bandar Lampungen_US
dc.Identifier.NIM19320163


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record