Pengaruh Perceived Risk Dan Purchase Intention Terhadap Loyalty Produk Fashion Pada Pengguna E-Commerce Berbasis Theory Of Perceived Risk
Abstract
Industri fashion saat ini mengalami pertumbuhan yang cepat dan mengalami
transformasi besar-besaran. Transformasi dalam dunia fashion membuat
permintaan dari konsumen untuk membuat koleksi baru dengan cepat.
Meningkatnya e-commerce di Indonesia memicu konsumen untuk membeli produk
fashion secara online. Lebih lanjut terdapat perbedaan pendapat pada penelitian
sebelumnya terkait variabel-variabel yang memengaruhi niat seseorang. Teori yang
digunakan pada penelitian ini adalah Theory of Perceived Risk dengan loyalty
sebagai novelty untuk menggambarkan faktor yang dapat memengaruhi keputusan
konsumen untuk membeli produk fashion secara online. Gap pada penelitian ini
adalah satisfaction di mana terdapat perbedaan hasil dalam penelitian terdahulu.
Berdasarkan penjelasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh financial risk, privacy risk, perceived satisfaction, purchase intention,
dan loyalty pada pembelian produk fashion secara online melalui Shopee. Penulis
menggunakan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner melalui google
form dan terkumpul sebanyak 248 responden. Responden yang menjadi kriteria
penulis yaitu seseorang yang menggunakan aplikasi Shopee untuk melakukan
pembelian produk fashion, pernah membeli produk fashion dalam kurun waktu 2
bulan terakhir, telah melakukan pembelian produk fashion sebanyak dua kali dalam
kurun waktu satu tahun, dan berdomisili di Pulau Jawa. Proses pengujian ini
menggunakan program SPSS 26 dan SEM-AMOS 24. Penggunaan SEM dilakukan
dengan tujuan penulis ingin mengkonfirmasi penelitian terdahulu. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh negatif pada salah satu di
antara empat hipotesis yang positif, yaitu variabel financial risk yang berisiko tinggi
dapat menurunkan satisfaction pada konsumen, sehingga dapat memengaruhi
purchase intention pada konsumen untuk membeli produk fashion pada Shopee.
Collections
- Management [4123]