Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd.,
dc.contributor.authorSumarsih
dc.date.accessioned2017-11-22T06:45:31Z
dc.date.available2017-11-22T06:45:31Z
dc.date.issued2017-01-05
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/4417
dc.description.abstractSumarsih. Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDN Grogol Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan dalam penulisan Tesis ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam, mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan untuk menjelaskan tentang upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di di SD Negeri Grogol Bambanglipuro Bantul. Jenis penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan pemilahan data yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Analisa data dengan menggunakan metode deduktif, induktif serta komperatif dari berbagai teori dan kemudian dilakukan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keadaan kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah baik. Faktor yang menyebabkan kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di SD Grogol Mulyodadi Bambanglipuro Bantul meliputi: Minat siswa yang masih kurang pada siswa yang mempunyai kemampuan rendah, bahan pelajaran atau materi ajar yang kurang menarik dan membosankan, sikap guru yang tidak menyenangkan, orang tua yang tidak memberikan perhatian, lingkungan dan teman pergaulan, cita-cita, fasilitas sekolah, tidak memiliki hobi yang dapat menumbuhkan kreatifitasnya. Faktor lain yang mempengaruhi kurangnya motivasi siswa adalah keadaan atau kondisi jasmani dan rohani, intelegensi, serta sikap siswa. Upaya guru PAI dalam mengatasi kurangnya motivasi belajar siswa adalah memberi peran dalam mengatasi kelemahan peserta didik pada pembelajaran. Hal ini dilakukan melalui beberapa penanganan yaitu memberikan perhatian yang lebih kepada mereka yang mengalaminya, memberikan waktu dan kesempatan sesuai kebutuhan mereka, melaksanakan remedial dan memberikan angka, mengadakan kompetisi yang sehat antara siswa sekaligus memberikan reward bagi yang yang berprestasi, memberi motivasi, memberi pujian, memberi hukuman yang sifatnya mendidik, menumbuhkan kesadaran siswa akan pentingnya belajar (ego involme) mata pelajaran PAI serta menumbuh kembangkan minta belajar siswa. Untuk mengembangkan dan meningkatakan kompetensi pedagogik guru telah dilakukan baik oleh sekolah maupun masing-masing guru. Pengembangan kompetensi pedagogik guru dilakukan melalui IHT (In House Training), Warshop, pembelajaran multi media/pemanfaatan teknologi pembelajaran, memberikan kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Adapun pengembangan yang dilakukan oleh guru dengan mengikuti secara aktif MGMP PAI, penataran, seminar dan belajar mandiri.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKompetensien_US
dc.subjectpedagogik guruen_US
dc.subjectmotivasi belajaren_US
dc.subjectMata Pelajaran PAIen_US
dc.titleKompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sd Negeri Grogol Bambanglipuro Bantul Tahun Pelajaran 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record