Peran Manajemen Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha Dalam Perspektif Ekonomi Islam ( Pada Usaha Ayam Geprek Mbok Moro)
Abstract
Keberhasilan suatu usaha merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap
pelaku bisnis, baik secara individu atau kelompok (perusahaan). Penentu
keberhasilan usaha tersebut melingkupi banyak faktor, salah satunya adalah
manajamen pemasaran yang dilakukan oleh pelaku bisnis tersebut. Ayam Geprek
Mbok Moro merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang kuliner.
Keberadaannya sebagai suatu usaha telah melakukan serangkaian cara agar dapat
mencapai tujuan bisnis yang diharapkan tanpa menghilangkan atau
mengesampingkan etika Islam dalam berbisnis. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peran penerapan manajemen pemasaran pada keberhasilan usaha
kuliner Ayam Geprek Mbok Moro di daerah Yogyakarta dalam perspektif
ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, jenis penelitian ini
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat
disimpulkan bahwa penerapan manajemen pemasaran (meliputi planning,
organizing, directing dan controlling) yang dilakukan oleh Ayam Geprek Mbok
Moro memberikan peran terhadap keberhasilan usahanya. Hasil atau peran
tersebut di antaranya perusahaan lebih siap untuk melangkah lebih jauh lagi dalam
kinerja usahanya, hutang Pak Auf selaku pemilik usaha berhasil dilunasi setelah ia
memperoleh keuntungan dari usaha Ayam Geprek Mbok Moro dan bertambahnya
unit usaha (outlet) dari Ayam Geprek Mbok Moro. Kemudian dalam pelaksanaan
dan hasil dari penerapan manajemen pemasaran tersebut, telah memenuhi
karakteristik ekonomi Islam, mencontoh praktik pemasaran yang diterapkan oleh
Nabi Muhammad SAW dan tidak bertentangan dengan etika pemasaran.
Collections
- Islamic Economics [826]