dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan efikasi diri akademik pada siswa tunanetra. Hipotesis dari penelitian ini adalah, terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dan efikasi diri akademik pada siswa tunanetra. Responden dalam penelitian ini merupakan 56 siswa tunanetra di Provinsi D.I. Yogyakarta dengan jenjang pendidikan SMP dan SMA yang berusia 13 hingga 22 tahun. Skala dukungan sosial yang digunakan dalam penelitian ini merupakan adaptasi dari Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dari Zimet dkk (1988). Sedangkan skala efikasi diri akademik dalam penelitian ini menggunakan skala efikasi diri akademik dari Raharjo dan Qudsyi (2015), yang merupakan adaptasi dari Collage Academic Self-Efficacy Scale (CASES) dari Buttler (2011). Data dianalisis menggunakan SPSS versi 22 untuk Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara dukungan sosial dan efikasi diri pada siswa tunanetra (r = 0.258 , p = 0.027). | id |