Kajian Small Office Home Office (SOHO) Pada Bidang Ekonomi Kreatif Terhadap Revolusi Industri 4.0
View/ Open
Date
2020-11-30Author
Chusna, Latifah
Purwono Prihatmaji, Yulianto
Metadata
Show full item recordAbstract
Industi 4.0 merupakan revolusi industri baru yang menekankan
pengaplikasian cyber physical system, dimana interaksi fisik berkurang lalu diganti
dengan cara siber/digital. Konektivitas teknologi yang semakin maju menunjang
terlaksananya remote working sehingga pekerjaan dapat dilakukan dimanapun dan
kapanpun. Waktu kerja yang fleksibel dengan ditunjang oleh Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) semakin menjadi trend dengan banyak para pekerja yang bekerja dari
rumah (Work from Home). SOHO (Small Office Home Office) adalah sebuah solusi untuk
memfasilifasi WFH, dimana pekerjaan yang beraifat fleksibel terutama dalam hal waktu
dan tempat dapat terbantu, yang telah ada sejak tahun 1980. Ekonomi kreatif adalah
bidang yang sangat terdampak oleh adanya industri 4.0, dimana ide, seni, dan teknologi
menjadi satu agar terciptanya suatu kemakmuran, serta fleksibilitas melekat
didalamnya. SOHO banyak dimiliki oleh para pekerja bidang industri kreatif, diantaranya
arsitektur, desainer, fashion, musik, film, periklanan, aplikasi, dsb. Adanya revolusi
industri 4.0 membawa dampak terhadap perkembangan SOHO khususnya pada bidang
ekonomi kreatif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisa SOHO di
era industri 4.0. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitas
yang bertujuan untuk menggambarkan situasi dan kondisi yang terjadi