EVALUASI KINERJA PENCAHAYAAN ALAMI DALAM RUANG PADA BANGUNAN SEKOLAH PASCA PANDEMI (Studi Kasus : SD Muhammadiyah 1 Ngawi)
View/ Open
Date
2022-08-27Author
Jauza, Alya Rifdah
Setiawan, Agus
Suryanti, Nopita
Metadata
Show full item recordAbstract
Pada tahun 2022 pasca pandemi, Indonesia telah memperbolehkan kegiatan Pendidikan secara tatap muka termasuk SD Muhammdiyah 1 Ngawi. Menghadapi keputusan tersebut bangunan sekolah sendiri juga menjadi hal yang penting untuk mendukung kegiatan siswa selama masa pandemic dan kedepannya. Salah satu hal penting yang mendukung aktivitas dalam sekolah adalah pencahayaan. usaha pemasksimalan pencahayaan alami dengan rancangan bangunan mampu memberikan bermacam-macam efek baik bagi manusia salah satunya kenyamanan visual. Kondisi pencahayaan pada setiap ruangan membutuhkan tingkat pencahayaan yang Pada penelitian ini digunakan metode deskritif evaluative dimana suatu oenelitian yang menggunakan analisis visualisasi berdasarkan data yang didapat dari dokumentasi foto survey eksisting. Analisis pengukuran dilakukan di tiap ruang yang mewakili yang akan dicek lagi saat simulasi. Studi evaluative mengenai pencahayaan alami dilakukan dengan membuat simulasi di software DiaLux. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dilakuakan di atas maka dapat diambil beberapa kesimpulan dari pencahayaan alami pada ruangan di bangunan sekolah ini. 2 dari 3 sampel ruang masih belum memenuhi batas minimal dari standart dan 1 ruang menciptakan glare. Maka dari itu untuk mengoptimalkan pemcahayaan alami pada ketiga ruangan tersebut dapat dilakukan beberpa rekomendasi desain seperti penambahan reflector cahaya, aplikasi ppa cahaya, perubahan ukuran bukaan dan penataan shading.