dc.description.abstract | Meningkatnya persaingan bisnis Coffee Shop di Kota Cirebon membuat para
pelaku bisnis Coffee Shop ini melakukan strategi pemasaran sebaik mungkin
untuk meningkatkan pangsa pasar. Salah satu kompetitor terdekat dari Seero Kopi
adalah District 38 yang dimana dari segi konsep dan fasilitas yang ditawarkan
lebih memiliki keunggulan. Permasalahan yang di hadapi seero kopi adalah
peurunan penjualan hingga berdampak pada pemasukan penjualan Seero kopi
menurun, hal ini dikarenakan banyaknya pesaing Coffee Shop yang bermunculan.
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan strategi pemasaran yang tepat untuk
Seero Kopi dalam meningkatkan penjualan dan memenangkan persaingan.
Penelitian ini bertujuan untuk identifikasi kondisi internal dan eksternal dari Seero
kopi, mengidentifikasi persaingan yang terjadi diantara Seero kopi dengan
pesaingnya, untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan Seero kopi
agar dapat bersaing dengan kompetitor dan membuat usulan strategi bisnis yang
tepat untuk digunakan pada Seero kopi menggunakan penerapan Blue Ocean
Strategy. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan melalui studi pustaka,
observasi lapangan, wawancara dengan pemilik Seero Kopi dan kuesioner.
Setelah dilakukan pengolahan data diperoleh kekuatan yaitu harga produk, rasa
produk, proses pemasaran, lokasi dan akses sedangkan kelemahan yaitu varian
dan inovasi produk, waktu menunggu, kebersihan tempat, perlengkapan umum,
kenyamanan tempat dan konsep desain. Diperoleh segmentasi pelanggan baru
yang berfokus pada seseorang yang senang berkendara motor di hari minggu pagi
dan seseorang yang menyukai minuman es cuing. Dengan adanya segmentasi
pelanggan baru diharapkan dapat membuka peluang pangsa pasar baru dan bisa
menjadi usulan rancangan strategi yang tepat bagi Seero Kopi. | en_US |