Perubahan Tata Guna Ruang Baca Anak Studi Kasus : Perpustakaan Daerah Telanaipura , Kota Jambi
View/ Open
Date
2021-02-20Author
Mudzakir, Alfarazy Allaitsy
Anggraini, Stefy Prasasti
Metadata
Show full item recordAbstract
Membaca merupakan suatu kegiatan yang sedikit peminatnya diarea perkotaan. Karakteristik Membaca yang terkesan bosan dan terkesan monoton membuat orang menjadi jenuh. Untuk Anak Anak Karakter Membaca sangatlah minim dikarenakan melihat dari karakteristik anak yang terkesan bebas dan tidak mau dikekang. Fungsi Ruang Membaca Anak di perkotaan sangat terbengkalai dan tidak terpakai bahkan dialihfungsi menjadi tempat berdiskusi untuk semua kalangan diakibatkan kurangnya peminat anak anak yang menjadi tujuan utama dari ruang membaca tersebut. Kedua Karakteristik seperti area diskusi anak anak maupun menjadi permasalahan dikarenakan tempat ruang membaca anak menjadi wadah tempat anak anak untuk bermain dan belajar secara bersamaan dengan ruang diskusi tenang. Ruang Ini berada di Area Perpustakaan Daerah Kota Jambi yang menyediakan Ruang perpustakaan anak, tetapi Ruang membaca anak menjadi ruangan yang dialifungsikan. Ruang tersebut diharapkan dapat menarik anak untuk melakukan kegiatan membaca serta penataan ruang dalam pada anak yang menyediakan fasilitas bermain untuk mengembalikan identitas sebagai ruang perpustakaan anak. Suasana yang menarik bagi anak dapat dengan menerapkan usur-unsur desain yang sesuai dengan karakteristik anak, seperti unsur warna dan unsur bentuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancangan penataan pola ruang dalam dengan pola ruang luar pada layanan perpustakaan anak yang dapat meningkatkan membaca dengan menyediakan fasilitas bermain anak.