PENGARUH PENATAAN INTERIOR RUANG KELAS TERHADAP PERILAKU ANAK AUTIS DALAM KEGIATAN BELAJAR (STUDI KASUS: SLB FAJAR NUGRAHA)
View/ Open
Date
2020-02-02Author
Putri, Nabila Iffati Afanin
Mutaqi, Ahmad Saifudin
Metadata
Show full item recordAbstract
Autisme merupakan gangguan yang menyebabkan ketidakmampuan untuk berinteraksi dengan orang lain, memiliki aktivitas bermain yang repetitif dan stereotipe, mutism, suka melakuka pembalikkan kalimat, gangguan berbahasa yang ditunjukkan dengan penguasaan kosa kata yang tertunda, memiliki ingatan yang kuat serta keinginan obsesif untuk mempertahankan keteraturan di dalam lingkungannya (Triantoro Safaria, 2005). Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, anak autis membutuhkan pendidikan yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya. Keberhasilan pendidikan sangat dipengaruhi oleh beberapa factor, diantaranya yaitu siswa, kurikulum, tenaga kependidikan, dana, sarana dan prasarana, dan factor lingkungan lainnya. Penataan interior pada kelas berpengaruh terhadap aktivitas dan perilaku anak berkebutuhan khusus dalam belajar dan berinteraksi.
SLB Fajar Nugraha adalah sekolah yang melayani untuk anak berkebutuhan khusus. Maka dari itu, dalam penelitian dipilih SLB Fajar Nugraha sebagaistudi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penataan interior ruang kelas terhadap perilaku anak autis dalam kegiatan belajar. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian observasi langsung pada sekolah yang menjadi studi kasus dan wawancara dengan pengelola atau guru di sekolah.
Penelitian ini diharapkan dapat memberi referensi dan masukan bagi pertimbangan dalam penataan interior ruang kelas SLB dilihat dari respon perilaku anak autisme. Sehingga dapat membantu kegiatan belajar anak autisme dalam mengembangakan kecerdasannya dan dapat menghasilkan desain penataan interior yang baik pada ruang kelas Sekolah Luar Biasa.