Show simple item record

dc.contributor.authorWahyuni
dc.contributor.authorSari, Mauliana
dc.contributor.authorYuli, Nensi Golda
dc.date.accessioned2023-04-03T06:19:29Z
dc.date.available2023-04-03T06:19:29Z
dc.date.issued2020-02-02
dc.identifier.isbn978-602-450-490-8
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/42984
dc.description.abstractRumah Sakit Jiwa (RSJ) merupakan tempat yang dihuni oleh pasien dengan keterbelakangan mental. Dari definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa karakteristik pasien dengan keterbelakangan mental maupun kondisi ruang yang ditempatinya dalam sebuah RSJ akan menjadi berbeda jika dibandingkan dengan rumah sakit pada umumnya. Di Yogyakarta, jumlah orang yang mengalami gangguan jiwa menempati urutan kedua terbanyak setelah Bali. Namun, dari tiga Rumah Sakit Jiwa yang berada di Yogyakarta, hanya RSJ Ghrasia satu-satunya rumah sakit yang secara fokus menanngani ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa). Karena hal tersebut, kualitas dan kinerja dari RSJ Ghrasia perlu ditingkatkan untuk menumbuhkan rasa percaya di masyarakat. Salah satu cara peningkatan kualitas adalah dengan mengambil perspektif dari pekerja yang dikomparasi dengan peningkatan kualitas fisiknya berupa rekayasa termal. Dari penelitian yang telah dilakukan terkait kenyamanan termal dan kepuasan pekerja, terdapat korelasi yang cukup antara keduanya dimana korelasi tersebut dapat ditingkatkan dengan rekayasa termal berupa penggunaan material selubung yang lebih mereduksi matahari, mengubah orientasi bukaan, dan penambahan inner court di tengah ruangan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.relation.ispartofseriesSakapari 5;
dc.subjectPekerjaen_US
dc.subjectYogyakartaen_US
dc.subjectBangsalen_US
dc.subjectTermalen_US
dc.titlePengaruh Kenyamanan Termal Terhadap Kepuasan Pekerja di RSJ Ghrasia, Pakem, Yogyakartaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record