STUDI AKSESIBILITAS DAN MOBILITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI (Studi Kasus SMP N 2 Sewon & SMP Tumbuh, Yogyakarta)
View/ Open
Date
2019-01-31Author
Purnamasari, Jesica Intan
Raharjo, Wiryono
Metadata
Show full item recordAbstract
Aksesibilitas merupakan salah satu kebutuhan penting bagi penyandang disabilitas salah satunya anak-anak. Dengan adanya aksesibilitas yang mendukung akan mempermudah anak disabilitas (berkebutuhan khusus) menjalankan aktivitas dalam kehidupan sehari hari, salah satunya pendidikan . Sekolah inklusi merupakan sekolah yang menerima anak berkebutuhan khusus dan siswa regular (normal) dimana kegiatan belajar anak berkebutuhan khusus dilakukan bersama dengan siswa regular (normal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh desain aksesibilitas diterapkan di SMP N 2 Sewon dan SMP Tumbuh Yogyakarta meliputi ruang luar & ruang dalam dan faktor apa saja yang mendukung kenyamanan mobilitas ABK, selain desain aksesibilitas. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif yang artinya penelitian yang
memanfaatkan wawancara terbuka untuk menelaah dan memahami sikap, pandangan, perasaan, dan perilaku individu atau sekelompok orang. Dengan metode yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil sampel guru, serta siswa berkebutuhan khusus SMP N 2 Sewon dan SMP Tumbuh Yogyakarta . Purposive sampling yaitu teknik pengambilan data secara sengaja dengan menetukan sendiri sampel yang akan diambil dengan beberapa pertimbangan. Dalam memperoleh data data primer, yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data – data di lapangan kemudian dianalisa dan dikaitkan dengan studi literature yang kemudian ditarik kesimpulan.