PENGARUH DESAIN LAYOUT RUANG KELAS PONDOK PESANTREN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SANTRI (Studi Kasus : Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah Lirboyo Kota Kediri)
View/ Open
Date
2019-01-31Author
Dahlan, Achmad Zainy
Supriyanta, Supriyanta
Metadata
Show full item recordAbstract
Telah banyak pondok pesantren yang berkembang di Indonesia, terutama di Jawa Timur. Namun kendati demikian masih banyak pondok pesantren yang hanya memfokuskan pada visi misi dan administrasi saja sehingga kurang memperhatikan pentingnya desain bangunan. Berbicara mengenai pentingnya desain bangunan pondok pesantren itu tidak luput dari layout ruang-ruang yang ada didalamnya, khususnya
ruang kelas atau ruang belajar bagi para santri. Layout ruang kelas ini memiliki peranan yang penting ketika dikaitkan dengan efektivitas belajar santri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain layout ruang kelas yang baik dalam upaya meningkatkan efektivitas belajar santri di Pondok Pesantren. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah observasi langsung ke lapangan, mendokumentasikan data
yang di dapat, serta melakukan wawancara terhadap beberapa narasumber terpilih yang berhubungan dengan layout belajar. Serta dalam metode ini memiliki dua variabel penelitian yaitu, layout belajar dan efektivitas belajar. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa hampir semua layout yang diterapkan dapat meningkatkan evektivitas belajar santri. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa layout yang sudah diterapkan dalam pembelajaran di Pondok Pesantren Salafiy Terpadu Ar-Risalah
Lirboyo Kota Kediri telah sesuai dan mendukung dalam meningkatkan efektivitas belajar para santri.