PENERAPAN PENCAHAYAAN SEBAGAI KOMPONEN HEALING ENVIRONMENT TERHADAP PENYEMBUHAN ANAK AUTIS
View/ Open
Date
2019-01-31Author
Gunaedi, Rhizky Annisa Ridyna
Bayuaji, Wisnu Hendrawan
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan riset ini adalah untuk menganalisa peran penerapan pencahayaan sebagai komponen Healing Environment dalam proses penyembuhan Autis Syndrome Dissorder (ASD) di bangunan sekolah dan terapi
Autisme. Pendekatan Healing Environment merupakan salah satu pendekatan yang menggunakan lingkungan sebagai komponen untuk mempercepat pemulihan kesehatan pasien atau mempercepat proses adaptasi pasien dari kondisi kronis dengan melibatkan efek psikologis pasien di dalamnya. Peran
lingkungan disekitar anak ASD menjadi penting mengingat bahwa anak autis memiliki respon yang tidak baik dalam sebuah rangsangan secara indrarwi salah satunya dalam hal penglihatan atau visual.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisis dilakukan menggunakan metode korelasi
yang menghubungkan antara temuan hasil penelitian sebelumnya dan teori-teori yang menjelaskan tentang peran pencahayaan sebagai salah satu komponen Healing Environment anak autis. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi strategi pencahayaan alami dan buatan yang dapat diterapkan pada bangunan
sekolah dan terapi sehingga dapat mengurangi mispresepsi suatu rangsangan pada anak autis dapat memperlambat penyembuhan yang dapat mengganggu mood dan produktivitas anak.