Show simple item record

dc.contributor.authorHANIF KUSUMADEWA NUGRAHA
dc.date.accessioned2023-03-06T03:51:52Z
dc.date.available2023-03-06T03:51:52Z
dc.date.issued2023-01-12
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42583
dc.description.abstractStasiun Ngrombo merupakan stasiun kereta api yang termasuk dalam kategori stasiun kelas I atau sedang. Peningkatan jumlah penumpang menjelang akhir tahun di Stasiun Ngrombo menimbulkan berbagai masalah seperti banyaknya penumpang yang berdiri di ruang tunggu, antrian penumpang di loket dan boarding, serta terhambatnya sirkulasi kendaraan di area parkir. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja fasilitas di Stasiun Ngrombo berdasarkan SPM sesuai peraturan pemerintah yang berlaku dan kinerja fasilitas berdasarkan metode IPA (Importance Performance Analysis), sehingga dapat diidentifikasi alternatif solusi perbaikannya. Penelitian dilakukan dengan survei kondisi eksisting yang dibandingkan dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 63 Tahun 2019 dan penyebaran kuesioner kepada penumpang di Stasiun Ngrombo. Jumlah sampel penelitian adalah 100 responden yang dihitung dengan rumus slovin. Hasil survey kondisi eksisting Stasiun Ngrombo berdasarkan Standar Pelayanan Minimum yaitu 81,3% sudah terpenuhi, 9,4% telah terpenuhi sebagian (fasilitas kesehatan, ruang tunggu, dan toilet), dan 9,4% belum terpenuhi (pelayanan penumpang, petunjuk arah, dan loket disabilitas). Hasil analisis dengan menggunakan metode IPA didapatkan jenis pelayanan yang menjadi prioritas utama yaitu ruang tunggu yang dilengkapi dengan tempat duduk prioritas dan tempat parkir bagi kendaraan roda 2 dan roda 4, sedangkan prioritas rendah yaitu layanan penjualan tiket baik manual maupun vending machine dan fasilitas layanan penumpang. Alternatif solusi perbaikan diantaranya menambah 1 buah tandu, stiker tempat duduk prioritas, 2 buah wc pada toilet perempuan, layanan pengaduan penumpang (customer service), papan petunjuk arah (signage), loket disabilitas, loket parkir, dan petugas pelayanan pada vending machine.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleEvaluasi Kinerja Fasilitas Fisik Stasiun Ngrombo Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum Dan Metode Importance Performance Analysis (Performance Evaluation Of Ngrombo Station Facility Based On Minimum Service Standards And Importance Performance Analysis Method)en_US
dc.Identifier.NIM18511178


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record