dc.description.abstract | Stasiun Ngrombo merupakan stasiun kereta api yang termasuk dalam kategori stasiun kelas
I atau sedang. Peningkatan jumlah penumpang menjelang akhir tahun di Stasiun Ngrombo
menimbulkan berbagai masalah seperti banyaknya penumpang yang berdiri di ruang tunggu, antrian
penumpang di loket dan boarding, serta terhambatnya sirkulasi kendaraan di area parkir.
Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja fasilitas di
Stasiun Ngrombo berdasarkan SPM sesuai peraturan pemerintah yang berlaku dan kinerja fasilitas
berdasarkan metode IPA (Importance Performance Analysis), sehingga dapat diidentifikasi
alternatif solusi perbaikannya.
Penelitian dilakukan dengan survei kondisi eksisting yang dibandingkan dengan Peraturan
Menteri Perhubungan Nomor PM 63 Tahun 2019 dan penyebaran kuesioner kepada penumpang di
Stasiun Ngrombo. Jumlah sampel penelitian adalah 100 responden yang dihitung dengan rumus
slovin.
Hasil survey kondisi eksisting Stasiun Ngrombo berdasarkan Standar Pelayanan Minimum
yaitu 81,3% sudah terpenuhi, 9,4% telah terpenuhi sebagian (fasilitas kesehatan, ruang tunggu, dan
toilet), dan 9,4% belum terpenuhi (pelayanan penumpang, petunjuk arah, dan loket disabilitas). Hasil
analisis dengan menggunakan metode IPA didapatkan jenis pelayanan yang menjadi prioritas utama
yaitu ruang tunggu yang dilengkapi dengan tempat duduk prioritas dan tempat parkir bagi kendaraan
roda 2 dan roda 4, sedangkan prioritas rendah yaitu layanan penjualan tiket baik manual maupun
vending machine dan fasilitas layanan penumpang. Alternatif solusi perbaikan diantaranya
menambah 1 buah tandu, stiker tempat duduk prioritas, 2 buah wc pada toilet perempuan, layanan
pengaduan penumpang (customer service), papan petunjuk arah (signage), loket disabilitas, loket
parkir, dan petugas pelayanan pada vending machine. | en_US |