Show simple item record

dc.contributor.authorALFIN ROHMANA
dc.date.accessioned2023-03-02T08:00:19Z
dc.date.available2023-03-02T08:00:19Z
dc.date.issued2023-01-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42536
dc.description.abstractSarana transportasi yang digunakan masyarakat umum di Jakarta salah satunya adalah Transjakarta. Transjakarta adalah sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (208 km). Koridor 3 Rute Kalideres – Pasar Baru merupakan salah satu rute yang dimiliki Transjakarta dengan Panjang sistem 19 km yang melalui Halte central Transjakarta yaitu Halte Harmoni. Berdasarkan observasi yang dilakukan, jalur tersebut memiliki masalah seperti penumpukan penumpang dan waktu tunggu yang lama. Berdasarkan hal tersebut, penelitian dibutuhkan untuk mengetahui kinerja operasional dari Bus Transjakarta koridor 3 rute Kalideres – Pasar Baru dan mengetahui persepsi penumpang bus Transjakarta koridor 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif itu berupa analisis kinera operasinal Transjakarta. Adapun, metode kualitatif yang dicari berupa metode Importance Performance Analysis (IPA) dan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang bus Transjakarta koridor 3 rute Kalideres – Pasar Baru Dengan mengacu dari Keputusan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor: SK.687/AJ.206/DRJD/2002 Hasil kinerja operasional Transjakarta koridor 3 yang didapatkan adalah load factor 39,38%, headway 4,92%, waktu sirkulasi 82,8 menit dan jumlah armada yang dibutuhkan 55 trip kendaraan pada waktu sibuk. Hasil tersebut menunjukan kinerja operasional Transjakarta koridor 3 telah memenuhi standar secara keseluruhan dengan mengacu dari Keputusan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor: SK.687/AJ.206/DRJD/2002. Digunakan juga metode Importance Performance Analysis (IPA) didapatkan hasil kinerja Transjakarta koridor 3 masih terdapat point belum memenuhi kemauan (harapan) responden yaitu waktu kedatangan antar bus pada jam tidak sibuk setiap 10 menit dan lamanya perjalanan dari halte Kalideres menuju halte Harmoni. Selanjutnya berdasarkan tingkat kepuasan penumpang terhadap kinerja Transjakarta koridor 3 dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh nilai 73,09% pada rentang skala nilai 60% < CSI ≤ 100% yang berarti kepuasan penumpang terhadap kinerja operasional dan pelayanan Transjakarta koridor 3 termasuk dalam kategori puas.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleEvaluasi Kinerja Operasional Bus Transjakarta Koridor 3 Rute Kalideres - Pasar Baru (Transjakarta Bus Operational Performance Evaluation Of Corridor 3 Route Kalideres – Pasar Baru)en_US
dc.Identifier.NIM16511157


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record