dc.description.abstract | Sarana transportasi yang digunakan masyarakat umum di Jakarta salah satunya
adalah Transjakarta. Transjakarta adalah sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit
(BRT) pertama di Asia Tenggara dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (208 km).
Koridor 3 Rute Kalideres – Pasar Baru merupakan salah satu rute yang dimiliki
Transjakarta dengan Panjang sistem 19 km yang melalui Halte central Transjakarta yaitu
Halte Harmoni. Berdasarkan observasi yang dilakukan, jalur tersebut memiliki masalah
seperti penumpukan penumpang dan waktu tunggu yang lama. Berdasarkan hal tersebut,
penelitian dibutuhkan untuk mengetahui kinerja operasional dari Bus Transjakarta koridor
3 rute Kalideres – Pasar Baru dan mengetahui persepsi penumpang bus Transjakarta
koridor 3.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif.
Metode kuantitatif itu berupa analisis kinera operasinal Transjakarta. Adapun, metode
kualitatif yang dicari berupa metode Importance Performance Analysis (IPA) dan metode
Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang bus
Transjakarta koridor 3 rute Kalideres – Pasar Baru Dengan mengacu dari Keputusan
Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor: SK.687/AJ.206/DRJD/2002
Hasil kinerja operasional Transjakarta koridor 3 yang didapatkan adalah load factor
39,38%, headway 4,92%, waktu sirkulasi 82,8 menit dan jumlah armada yang dibutuhkan
55 trip kendaraan pada waktu sibuk. Hasil tersebut menunjukan kinerja operasional
Transjakarta koridor 3 telah memenuhi standar secara keseluruhan dengan mengacu dari
Keputusan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor: SK.687/AJ.206/DRJD/2002.
Digunakan juga metode Importance Performance Analysis (IPA) didapatkan hasil kinerja
Transjakarta koridor 3 masih terdapat point belum memenuhi kemauan (harapan)
responden yaitu waktu kedatangan antar bus pada jam tidak sibuk setiap 10 menit dan
lamanya perjalanan dari halte Kalideres menuju halte Harmoni. Selanjutnya berdasarkan
tingkat kepuasan penumpang terhadap kinerja Transjakarta koridor 3 dengan metode
Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh nilai 73,09% pada rentang skala nilai 60% <
CSI ≤ 100% yang berarti kepuasan penumpang terhadap kinerja operasional dan pelayanan
Transjakarta koridor 3 termasuk dalam kategori puas. | en_US |