dc.contributor.author | FITRIA DIAN RAHMAYANTI, 19915006 | |
dc.date.accessioned | 2023-02-13T03:47:05Z | |
dc.date.available | 2023-02-13T03:47:05Z | |
dc.date.issued | 2023-01-11 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42515 | |
dc.description.abstract | Mahasiswa memiliki tugas perkembangan sekaligus tugas akademik yang beragam. Hal
ini membuat mahasiswa menjadi rentan mengalami stres. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara self-compassion dan stres pada mahasiswa tingkat akhir
dengan dimediasi oleh regulasi emosi. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah
kuantitatif dengan tiga variabel. Pengumpulan data menggunakan skala The SelfCompassion
Scale,
Emotion
Regulation
Questionnaire
(ERQ),
dan
Perceived Stress
Scale
(PSS). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir yang menempuh pendidikan
tinggi di Yogyakarta. Analisis data dilakukan menggunakan model analisis mediasi
dengan menguji hubungan antara stres (variabel tergantung) dengan self-compassion (variabel bebas) dan regulasi emosi faset cognitive reappraisal dan faset expressive
suppression (variabel mediator). Data dianalisis menggunakan teknik mediation analysis
melalui JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi emosi faset cognitive
reappraisal memediasi hubungan antara self-compassion dan stres pada mahasiswa, skor
signifikansi 0.016 (p<0.01). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa regulasi emosi
faset expressive suppression tidak memediasi hubungan antara self-compassion dan stres
pada mahasiswa, skor signifikansi 0.737 (p>0.05). Selain itu, terdapat hubungan negatif
secara langsung antara self-compassion dan stres dengan skor signifikansi sebesar <0.001
(p<0.05). | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA | en_US |
dc.title | Peran Regulasi Emosi Sebagai Mediator Self-Compassion Dan Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir | en_US |
dc.Identifier.NIM | 19915006 | |