dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara adversity quotient dan
kesiapan belajar terhadap penyesuaian akademik pada siswa Sekolah Menengah
pasca pandemi. Hipotesis dari penelitian ini adalah adversity quotient dan
kesiapan belajar dapat mempengaruhi penyesuaian akademik pada siswa. Metode
penelitian kuantitatif dengan desain penelitian berupa cross sectional desain.
Penelitian ini melibatkan siswa SMA (n=178) dan siswa SMK (n=199) kelas XI di
Jawa Tengah. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan Google Form
menggunakan tiga alat ukur, yaitu skala Adversity Quotient, skala kesiapan
belajar, dan skala Penyesuaian akademik. Pengujian hipotesis menggunakan
teknik teknik analisis regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan nilai F
sebesar 11,500 dengan p = 0,000 (p=<0,01). Berdasarkan hasil penelitian tersebut,
dapat disimpulkan bahwa variabel adversity quotient dan kesiapan belajar
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penyesuaian akademik. | en_US |