Show simple item record

dc.contributor.authorFATIMAH SHALEHAH
dc.date.accessioned2023-02-08T03:32:13Z
dc.date.available2023-02-08T03:32:13Z
dc.date.issued2022-12-09
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42397
dc.description.abstractPerkembangan teknologi memberikan pengaruh signifikan pada sektor pariwisata yang ditunjukkan dengan lahirnya beragam aplikasi perjalanan sebagai wujud dari transformasi proses bisnis pariwisata ke dalam bentuk digital. Namun dalam implementasinya, ditemukan beberapa kendala yang dialami pengguna aplikasi perjalanan yang penulis dapatkan melalui hasil survei terhadap 25 pengguna online travel agent diantaranya misinformasi produk wisata, kegagalan transaksi, dan tampilan yang tidak ramah pengguna. Untuk itu, startup Anglo hadir sebagai solusi dengan produk utamanya adalah platform teman perjalanan berbasis web yang berfokus pada sistem manajemen akses informasi, kebutuhan berlibur, dan pemesanan produk wisata yang dipersonalisasikan dengan pengalaman yang ingin dapatkan pengguna. Dalam perancangan startup Anglo, digunakan metode Value Proposition Canvas (VPC) untuk mendeskripsikan produk yang akan dikembangkan dan perilaku pengguna serta menghubungkannya dengan target pasar sehingga dapat menghasilkan produk yang bernilai, dibutuhkan, dan diharapkan oleh calon pengguna. Metode ini terbagi menjadi dua bagian yaitu customer profile yang mendeskripsikan secara detail karakteristik segmen calon pengguna dan value map yang mendefinisikan secara spesifik nilai dari produk atau layanan yang akan diberikan kepada customer. Terdapat empat tahapan dalam perancangan VPC diantaranya, proses memahami tantangan dengan mengumpulkan data serta informasi riwayat penggunaan aplikasi sejenis. Selanjutnya menerjemahkan informasi menjadi tilikan untuk merancang customer profile dan kebutuhan non-fungsionalitas produk. Keluaran proses sebelumnya, dijadikan parameter tahapan ideasi untuk mengeksplorasi alternatif solusi. Hasil akhir adalah diagram VPC sebagai blueprint yang dijadikan acuan perancangan startup Anglo.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePenerapan Metode Value Proposition Canvas (Vpc) Dalam Perancangan Bisnis Angloen_US
dc.Identifier.NIM19523229


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record