dc.description.abstract | Dari sekitar 143 juta pengguna Internet di Indonesia, hampir 90% di antaranya adalah
pengguna media sosial. Meski telah banyak diteliti, namun banyak yang baru menyentuh
level permukaan saja dan belum memberikan gambaran yang komprehensif dan menyeluruh.
Selain untuk mengetahui platform media sosial apa saja yang marak digunakan di Indonesia,
penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil dan karakteristik pengguna
masing-masing platform media sosial yang marak digunakan dan memahami tentang
bagaimana pengaruh perbedaan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan faktor-faktor
demografis lainnya terhadap penggunaan media sosial. Survei dari 412 pengguna media
sosial di Indonesia dianalisis dengan metode EFA dan MCA dengan bantuan bahasa
pemrograman R. Dari hasil analisis ditemukan beberapa profil pengguna media sosial yang
berbeda. Selain mayoritas pengguna yang cenderung menggunakan media sosial populer
seperti YouTube, Instagram, WhatsApp, dan Facebook untuk kebutuhan personal baik itu
hiburan maupun pendidikan, terdapat juga jenis pengguna yang memanfaatkan media sosial
lain seperti Linkedin dan GitHub untuk kebutuhan profesional, terutama dari kalangan
ekonomi menengah ke atas. Selain dapat memperkaya wawasan terkait penggunaan media
sosial di Indonesia, temuan dari penelitian ini juga dapat dimanfaatkan oleh penelitian
selanjutnya, utamanya terkait pemanfaatan media sosial oleh beragam kalangan yang
berbeda dengan tujuan yang berbeda-beda pula. | en_US |