Show simple item record

dc.contributor.advisorIzzati Muhimmah
dc.contributor.authorPamungkas, Bayu Putra
dc.date.accessioned2017-11-14T04:26:37Z
dc.date.available2017-11-14T04:26:37Z
dc.date.issued2017-05-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/4231
dc.description.abstractSeni bela diri adalah suatu seni olah tubuh dari cara seseorang mempertahan-kan diri. Dalam seni beladiri Taekwondo terdapat beberapa tingkatan yang harus dilalui oleh setiap peserta. Ujian kenaikan tingkat ini umumnya diadakan setiap 3 bulan sekali. Salah satu syarat kelulusan ujian tersebut peserta harus menguasai Poomsae atau rangkaian jurus. Dalam pelaksaannya, siswa atau peserta taekwondo dituntut untuk dapat menghafal rangkaian gerakan Poomsae. Gerakan berurutan dan juga kompleks dengan tempo waktu yang cepat dirasa cukup sulit untuk dihafal. Disamping itu, pembelajaran poomsae selain diajarkan secara konvensional saat latihan, siswa dapat mempelajarinya melalui buku pedoman poomsae. Namun buku tersebut tidak memiliki petunjuk arah dengan benar. Untuk itu diperlukan suatu me-dia pembelajaran untuk membantu pembelajaran materi tersebut. Media yang dapat membantu pembelajaran poomsae lebih efektif dari pada buku panduan poomsae. AR atau Augmented Reality berkembang pesat pada bidang media informasi, media pembelajaran, sistem informasi dan simulasi. Teknologi tersebut dipilih karena dapat memudahkan pengguna dengan pengaturan sudut pandang yang interaktif dibandingkan dengan teknologi 3 dimensi yang lain. Disamping itu, pem-buatannya lebih mudah dibandingkan dengan video, teknologi tersebut tidak mem-butuhkan banyak memory penyimpanan. Untuk metodologi dalam penelitian ini digunakan metode Water Fall. Ap-likasi dibuat dengan Blender 3D sebagai pengolah model 3D, untuk konten dapat menggunakan Corel Draw, kemudian untuk basis datanya menggunakan Vuvoria dan Unity 3D sebagai pembuat aplikasinya. Hasil dari pembuatan aplikasi ini adalah Augmented Reality dari karakter yang mensimulasikan rangkaian gerakan Poomsae Taegeuk. Aplikasi menggunakan perangkat dengan platform Android yang dilengkapi dengan marker sebagai sarana untuk memanggil Augmented Reality dari simulasi Poomsae merupakan hasil yang ingin dicapai tugas akhir ini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBlender 3Den_US
dc.subjectUnity 3Den_US
dc.subjectAplikasien_US
dc.subjectAugmented Realityen_US
dc.subjectVuvoriaen_US
dc.subjectPoomsae Taegeuk.en_US
dc.titleAplikasi Alat Bantu Ajar Poomsae Taeguk dengan Teknologi Augmented Realityen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record