Show simple item record

dc.contributor.authorSAVANA
dc.date.accessioned2023-02-01T02:07:55Z
dc.date.available2023-02-01T02:07:55Z
dc.date.issued2022-10-29
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42190
dc.description.abstractPerkembangan pesat teknologi berdampak pada kemudahan terhadap banyak hal, salah satunya terhadap pengembangan minat atau hobi yang lebih mudah terfasilitasi. Tetapi belum semuanya terfasilitasi dengan baik, penulis yang mempunyai kegemaran bernyanyi mencoba melakukan observasi terhadap kelompok yang mempunyai minat dan kegemaran yang sama, mencari tau apakah kegemaran mereka sudah terfasilitasi dengan baik. Dari hasil observasi yang dilakukan ternyata kelompok tersebut belum terfasilitasi dengan baik untuk bisa menyalurkan dan mengembangkan minat atau kegemarannya. Mereka kesulitan menemukan platform di mana mereka dapat menyalurkan dan mengembangkan potensi dari kegemaran bernyanyi maupun latihan olah vokal yang mereka punya. Permasalahan lain yang ditemukan adalah kalaupun ada platform yang bersangkutan, belum begitu menjawab permasalahan dan kebutuhan yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan design thinking untuk mencari solusi yang sesuai dengan berbagai rangkaian tahapan berfokus pada permasalahan, kebutuhan, hingga langkah yang dilakukan untuk mencapai tujuan pengguna. Pemahaman atau empati yang baik terhadap pengguna akan menghasilkan solusi yang dapat menjawab permasalahan secara tepat. Tujuan dari penilitian ini untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada dengan pendekatan design thinking dengan perancangan aplikasi yang dapat menjadi wadah atau platform yang memfasilitasi kegemaran bernyanyi maupun latihan olah vokal, agar mereka tidak lagi kesulitan mencari wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan potensi dari minat atau kegemaran yang mereka punya. Berdasarkan hasil dari pengujian usability testing yang dilakukan, desain interaksi yang dihasilkan mudah digunakan oleh pengguna tanpa ada kendala besar. Selain dilakukan juga pengujian untuk melihat apakah solusi yang dibuat berhasil menjawab permasalahan yang diangkat serta untuk melihat tingkat kepuasan pengguna terhadap fitur gamifikasi. Sehingga dapat disimpulkan, walaupun masih terdapat banyak kekurangan dalam penilitian ini, pengguna mengetakan permasalahan mereka terjawabkan dan solusi yang dibuat dapat diterima oleh pengguna.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleDesign Interaksi Gamifikasi Pada Aplikasi Bergerak Untuk Latihan Olah Vokal Dasaren_US
dc.Identifier.NIM15523024


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record