Pengaruh Kesadaran Halal, Religiusitas, Dan Pengetahuan Produk Halal Mahasiswa Muslim Dalam Melakukan Pembelian Makanan Secara Online (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Indonesia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kesadaran halal, religiusitas,
dan pengetahuan produk halal terhadap keputusan pembelian makanan halal
secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa muslim Universitas
Islam Indonesia dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive
sampling. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 100 mahasiswa yang
terdiri dari berbagai angkatan dan jurusan.Data yang digunakan adalah data
primer yang didapatkan melalui pengisian kuesioner. Regresi dengan
menggunakan data panel digunakan untuk menganalisis data dan pengaruh dari
kesadaran halal, religiusitas, dan pengetahuan produk halal terhadap keputusan
pembelian makanan halal secara online. Hasil penelitian secara simultan
menunjukkan siginifikan positif terhadap keputusan pembelian makanan halal
secara online. Kemudian, hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa
kesadaran tidak signifikan positif terhadap keputusan pembelian halal secara
online, religiusitas signifikan positif positif terhadap keputusan pembelian halal
secara online, dan pengetahuan produk halal signifikan positif terhadap keputusan
pembelian halal secara online.
Collections
- Islamic Economics [823]