Show simple item record

dc.contributor.authorFARID ALHAMUDI
dc.date.accessioned2023-01-26T06:26:50Z
dc.date.available2023-01-26T06:26:50Z
dc.date.issued2022-09-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42028
dc.description.abstractIndonesia berada pada posisi ke 4 dalam lingkup ekonomi syariah, dengan potensi tersebut Indonesia sangat berpeluang untuk mengembangkan industri halal tersebut termasuk diantaranya pada industri makanan dan minuman halal. Pandemi COVID-19 yang terjadi membuat IKM (Industri Kecil menengah) banyak mengalami penurunan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran penjualan industri minuman di Sleman, memberikan usulan serta mengetahui permintaan dan tantangan utama yang dihadapi IKM terkait logistik halal. Pengumpulan data penelitian dilakukan di 10 IKM industri minuman yang berlokasi di kabupaten Sleman dengan metode teknik observasi, teknik wawancara, serta data historis. Analisis strategi pemasaran menggunakan metode analisis SOAR dilakukan sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan, manajemen strategis mendapati bahwasanya terdapat kekuatan (strengths), peluang (opportunities), aspirasi (aspitrations), dan hasil (results) yang dimiliki oleh masing-masing IKM. Dengan menggunakan metode analisis SOAR yang kemudian dikembangkan menjadi empat bagian, yaitu S-A, O-A, S-R, dan O-R. Analisis ini digunakan sebagai strategi alternatif pilihan yang sudah dijalankan dari masing-masing IKM industri minuman berdasarkan faktor-faktor yang sudah dijalankan. Usulan perbaikan strategi pemasaran diberikan serta penjelasan mengenai IKM industri minuman di Sleman yang masih awam dengan logistik halal, pelaku IKM mengerti akan pentingnya halal pada setiap proses akan tetapi menemukan beberapa hambatan dalam pelaksanaannya yaitu kurangnya edukasi, perlunya sosialisasi secara menyeluruh, administrasi yang sulit dan memakan waktu yang lama, kendala yang berasal dari pemerintah serta jasa ekpedisi.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleAnalisis Daya Saing Dan Logistik Halal Industri Minuman: Perspektif Industri Kecil Dan Menengahen_US
dc.Identifier.NIM16522207


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record