dc.description.abstract | Industri semen merupakan industri strategis yang dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur
yang permintaannya semakin meningkat sejalan dengan meningkatnya kegiatan ekonomi
masyarakat dan pembangunan nasional. Kapasitas produksi semen nasional mencapai 115 juta
ton yang terdiri dari 16 perusahaan semen di Indonesia. Konsumsi semen nasional hanya
mencapai 62,5 juta ton, sehingga terjadi kelebihan kapasitas 52,5 juta ton. PT. Holcim
Indonesia Tbk. merubah identitasnya menjadi PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk. akibat dari
corporate rebranding yang dilakukan karena akuisisi oleh Semen Indonesia Group (SIG).
Meskipun dilakukan ditengah kondisi over capacity pada industri semen, corporate rebranding
dapat memberikan banyak manfaat mulai dari merevitalisasi identitas hingga meningkatkan
penjualan aktual jika dilakukan dengan benar. Penelitian bertujuan untuk menentukan desain
strategi marketing yang dapat meningkatkan customer loyalty pada Semen Dynamix setelah
corporate rebranding. Pemilihan SEM-PLS merupakan langkah yang tepat untuk menguji
pengaruh antar variabel guna memprediksi hubungan kausalitas faktor-faktor yang
berpengaruh terhadap model penelitian. Survei yang dilakukan secara online dapat menilai
tingkat penerimaan masyarakat terhadap hadirnya Semen Dynamix yang secara keseluruhan
dengan kategori “Sangat Baik”. Brand Image adalah faktor yang dipengaruhi paling kuat oleh
Corporate Rebranding sedangkan Customer Trust adalah faktor yang berpengaruh paling kuat
terhadap Customer Loyalty. Dari sebelas hipotesis yang diajukan dalam penelitian, terdapat 4
hipotesis yang ditolak dan menyisakan 7 hipotesis yang diterima. Strategi marketing yang dapat
diterapkan untuk meningkatkan Customer Loyalty dengan fokus terhadap 4 faktor yaitu:
Corporate Rebranding, Brand Image, Customer Trust, dan Customer Loyalty. | en_US |