Show simple item record

dc.contributor.authorHERSA AJENG PRISKA
dc.date.accessioned2023-01-24T08:11:11Z
dc.date.available2023-01-24T08:11:11Z
dc.date.issued2022-10-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41946
dc.description.abstractDepresi merupakan gangguan pada mental seseorang yang disebabkan keadaan emosi yang kurang menyenangkan. Kota di Indonesia yang memiliki kasus gangguan jiwa berat tertinggi adalah Yogyakarta (Marela et.al., 2017). Berasadarkan data Dinas Kesehatan DIY pada tahun 2013 tercatat angka penderita gangguan jiwa mencapai 2,3 per mil, namun angka ini meningkat pada tahun 2018 menjadi 10 per mil, yang mana 1 per mil mengartikan pada setiap 1000 penduduk terdapat 1 penderita gangguan jiwa di DIY (Dinkes DIY, 2018). Hal ini pun turut menjadi permasalah yang dialami oleh PIK R Exalta selaku konselor pada MAN 1 Yogyakarta dalam menangani kondisi kesehatan mental siswa. PIK R Exalta sendiri juga mengalami kesulitan dalam melakukan konseling dan monitoring kondisi kesehatan siswanya. Pada tahun 2019 telah buat aplikasi Emosian yang bertujuan untuk membantu proses konseling dan monitoring siswa, namun setelah pengujian dan pengimplementasian ditemukan beberapa kendala. Sehingga diperlukan adanya penelitian ini yang bertujuan untuk memberikan perbaikan terkait UI aplikasi Emosian agar dapat memenuhi kebutuhan user. Perancangan aplikasi Emosian ver 2 dilakukan dengan metode User Centered Design (UCD) dan System Usability Scale (SUS), berdasarkan hasil evaluasi pada tampilan antarmuka aplikasi Emosian ver 2 diketahui dari 30 orang responden mendapatkan skor SUS sebesar 73,16, sehingga tampilan antar muka aplikasi Emosian ver 2 termasuk pada kategori baik. Selain itu dilakukan juga pengujian heat maps pada 4 halaman antarmuka aplikasi Emosian ver 2, diketahui bahwa halaman artikel, tes kesehatan mental, dan hasil tes kesehatan mental termasuk pada kategori baik. Sedangkan pada halaman home masih terdapat hal yang perlu di perbaiki/tingkatkan, sehingga dilakukan tahapan design iteration untuk memperbaiki tampilan aplikasi Emosian ver2 yang dianggap masih dapat ditingkatkan.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleRedesign User Interface Aplikasi Emosian Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus Di Pik-R Exalta Man 1 Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM18522229


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record