Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Impulsif Di Masa Pandemi Covid-19 Menurut Umar Bin Al-Khatab (Studi Kasus: Generasi-Z Di Universitas Islam Indonesia Pengguna Tiktok Shop)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
terjadinya pembelian impulsif Generasi-Z di Universitas Islam Indonesia dan
tinjauan konsumsi islam menurut Umar Bin al-Khatab terhadap pembelian impulsif
tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer diperoleh melalui
wawancara dengan 10 Generasi-Z di Universitas Islam Indonesia dan data sekunder
diperoleh melalui kepustakaan. Hasil dari penelitian ini, selama pandemi Covid-19,
10 Generasi-Z di Universitas Islam Indonesia sering berbelanja melalui TikTok
Shop karena memiliki banyak waktu luang dan tergiur dengan promosi yang
diberikan oleh penjual di TikTok Shop, seperti diskon, gratis ongkos kirim, dan live
streaming sehingga membuat 10 Generasi-Z sering melakukan pembelian impulsif.
Dalam melakukan pembelian impulsif, 10 Generasi-Z tersebut masuk dalam tipe
pembelian impulsif saran dan pembelian impulsif terencana. Menurut tinjauan
konsumsi islam Umar Bin al-Khatab, pembelian yang dilakukan oleh 10 GenerasiZ
di Universitas Islam Indonesia belum sesuai dengan konsumsi islam karena
mereka masih mementingkan gaya hidup, kesenangan diri mereka sendiri, dan tren
yang dilihatnya dalam aplikasi TikTok. Dalam konsumsi islam sudah sepatutnya
mahasiswa Universitas Islam Indonesia memprioritaskan kebutuhan mereka
dibandingkan keinginan, sehingga dapat mengendalikan perilaku konsumtif yang
berdampak pada perilaku pemborosan.
Collections
- Islamic Economics [826]