Show simple item record

dc.contributor.authorYUNIRA
dc.date.accessioned2023-01-19T04:02:28Z
dc.date.available2023-01-19T04:02:28Z
dc.date.issued2022-06-30
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41834
dc.description.abstractLatar belakang: Kepuasan konsumen sangat berperan penting dalam kemajuan sebuah usaha tanpa terkecuali dalam kesehatan. Pelayanan yang menguntungkan bagi pengguna jasa akan berdampak baik bagi penyedia jasa. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan obat tanpa resep dokter yang ada di apotek dan hubungan sosiodemografi terhadap tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan obat tanpa resep dokter yang ada di Apotek Intan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden di Apotek Intan Desa Nanga Tepuai, Kalimantan Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner yang berisi lima dimensi serquel (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik). Analisis data dilakukan dengan menggunakan nilai fisher exact test. Hasil: Tingkat kepuasan konsumen dari masing-masing dimensi konsumen sudah puas terhadap kualitas pelayanan apotek dengan nilai gap pada dimensi kehandalan (realibility) dengan nilai gap sebesar 94%, dimensi daya tanggap (responsiveness) dengan nilai gap sebesar 63% , dimensi jaminan (assurance) dengan nilai gap sebesar 61% , dimensi empati (empathy) dengan nilai gap sebesar 93% dan pada dimensi bukti fisik (tangible) dengan nilai gap sebesar 66%. Tidak terdapat hubungan antara faktor sosiodemorafi dengan tingkat kepuasan konsumen di Apotek Intan Kalimantan Barat yang ditunjukkan pada nilai p-value usia (0,679), jenis kelamin (0,692), pendidikan (0,345) dan pekerjaan (0,254). Kesimpulan: Konsumen sudah puas dengan kualitas pelayanan obat tanpa resep dokter yang ada di Apotek Intan Kalimantan Barat. Tidak ada hubungan antara karakteristik sosiodemografi dengan tingkat kepuasan konsumen.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleAnalisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep Dokter Di Apotek Intan Kalimantan Baraten_US
dc.Identifier.NIM18613047


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record