dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keseimbangan worklife
balance
dan
kepuasan
kerja
pada
generasi
milenial
yang
berprofesi
sebagai
guru
dilakukan
dengan
menggunakan
metode
kuantitatif
skala
likert.
Subjek
penelitian
ini
berjumlah 101 orang generasi milenial yang berprofesi sebagai guru. Subjek
terdiri dari 27 subjek laki-laki dan 74 subjek perempuan dengan rentang usia 20
tahun sampai 40 tahun. Pengukuran variabel Kepuasan Kerja dalam penelitian ini
didasari oleh teori Pepe, Addimando dan Veronese (2017) dan menggunakan skala
Teacher Job Satisfaction Scale-9 (TJSS-9) yang dikembangkan oleh Pepe,
Addimando dan Veronese (2017), sedangkan variabel work-life balance
menggunakan teori Fisher, Bulger dan Smith (2009) dan menggunakan skala worklife
balance
yang
disusun
Fisher,
Bulger
dan
Smith
(2009)
dan
diadaptasikan
oleh
Ummah
(2018).
Metode
analisis
data
dilakukan
menggunakan
teknik
uji
korelasi
Spearman
dengan memakai Software IBM SPSS Statistics versi 24. Hasul
penelitian meninjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara worl-life
balance dan kepuasan kerja pada generasi milenial yang berprofesi sebagai guru
dengan nilai korelasi sebesar r = 0,314 dan p = 0,001 (p < 0,05), ini menunjuka
hipotesis penelitian diterima. | en_US |