Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah, MIS
dc.contributor.authorRAHMAT HIDAYAT
dc.date.accessioned2023-01-13T03:34:12Z
dc.date.available2023-01-13T03:34:12Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41766
dc.description.abstractTugas dan tanggung jawab dari pendidik khususnya guru pendidikan agama Islam harus menanamkan nilai-nilai ajaran islam dibantu dengan orang tua peserta didik. kerjasama antara guru dan orangtua sangat diperlukan baik antara guru sekolah maupun guru pendidikan agama islam dengan orang tua. dengan demikian, hendaknya pendidik dan orang tua mampu menerapkan nilai-nilai Islam, termasuk nilai-nilai akhlak baik dalam penyajian materi dikelas maupun memberi keteladanan di rumah. Peran orang tua dalam membantu guru untuk membina atau meningkatkan akhlak peserta didik dilingkungan keluarga dan masyarakat tentu sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan peserta didik terutama dalam hal sikap dan akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan munggunkan pendekatan diskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan yang digunakan peneliti adalah purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Informan dalam penelitian ini adalah 1) Kepala Sekolah, 2) Wali Kelas, 3) Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, 4) Orang Tua Peserta Didik. Teknik pegumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah koleksi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini bahwa model kerjasama yang dilakukan guru dan oran tua siswa yaitu pembuatan buku pelaporan, grub WhatsApp, dilakukannya kunjugan rumah siswa, penekanan pola asuh orang tua, melaksanakan rapat pertemuan antara guru dan orang tua siswa pada pengambilan raport siswa, sedangkan kendala yang dialami adalah kendala dalam menjalin kerjasama antara guru dengan orang tua siswa serta hambatan yang dialami guru dalam menerapkan pembelajaran akhlaken_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleModel Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Meningkatkanakhlak Siswa Sdn 08 Lunang – Padang – Sumatera Baraten_US
dc.Identifier.NIM18422052


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record