Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Google Class Room Di Sma It Nurul Hasan, Desa Tabona, Kec Ternate Selatan, Kab Ternate Tahun 2022/2023
Abstract
Salah satu komponen dalam hidup yang paling penting yakni pendidikan.
Pendidikan bersifat dinamis hingga kehidupan ini berakhir. Pendidikan membantu
manusia agar mampu tumbuh dan berkembang secara optimal. Semenjak pandemi
Covid-19 merebak di Indonesia, sistem kebijakan pendidikan di Indonesia
mengalami perubahan. Proses pembelajaran yang awalnya konvensional dengan
tatap muka atau disebut dengan offline di sekolah, sekarang beralih menjadi
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yaitu dengan model daring atau online. Penelitian
ini berfokus kepada pelaksanaan pembelajaran PAI sebagai jawaban atas
pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan tujuan mengetahui serta
menganalisis semua proses pembelajaran PAI menggunakan Google Classroom.
Hasil penelitian mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta
urgensi menggunakan google classroom di SMA IT nurul Hasan, penelitian ini
termasuk penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif,
model yang digunakan dalam melaksanakan penelitian adalah dengan survey dan
data ditampilkan dengan bentuk deskrpitif analisis. Pengumpulan data dilakukan
dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menemukan bahwa SMA Nurul Hasan sudah baik menerapkan google classroom
pada pembelajaran, adapun proses kesiapan pelaksanaan serta urgensi yaitu siswa
dan guru dapat menggunakan media serta mengolah pembelajaran menggunakan
google classroom. Hasil asnalisis menunjukkan bahwa guru dan siswa mampu
mengolah pembelajaran dengan mengimbangi pembelajaran luring serta sekolah
juga memfasilitasi layanan pendidikan untuk keberhasilan pelaksanaan
pembelajaran yang bervariatif.