Show simple item record

dc.contributor.authorINTI ISTIQOMAH
dc.date.accessioned2023-01-10T06:47:05Z
dc.date.available2023-01-10T06:47:05Z
dc.date.issued2022-10-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41687
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi akademik dan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di tengah pandemi Covid-19. Subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa akhir baik laki-laki maupun perempuan yang sedang mengerjakan skripsi berjumlah 203 Mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala Student-Life Stress Inventory yang dikembangkan oleh Gadzella (1991) yang telah diadaptasi versi bahasa Indonesia oleh Azahra, (2017) untuk mengukur stres akademik dan skala resiliensi akademik yang dikembangkan oleh Hardiansyah et al. (2020) yang telah di modifikasi penulis untuk mengukur resiliensi akademik. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis korelasi Spearman Corellation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara variabel stres akademik dan resiliensi akademik (p= 0.000, r= -0,348). Hal ini menunjukkan jika resiliensi akademik tinggi maka stres akademik rendah. Sebaliknya jika resiliensi akademik rendah maka stres akademik rendah.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleResiliensi Akademik Dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Tengah Pandemi Covid-19en_US
dc.Identifier.NIM18320177


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record