dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi akademik
dan stres akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di tengah
pandemi Covid-19. Subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah
Mahasiswa akhir baik laki-laki maupun perempuan yang sedang mengerjakan
skripsi berjumlah 203 Mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode kuantitatif dengan metode pengambilan sampel purposive sampling.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala Student-Life Stress
Inventory yang dikembangkan oleh Gadzella (1991) yang telah diadaptasi versi
bahasa Indonesia oleh Azahra, (2017) untuk mengukur stres akademik dan skala
resiliensi akademik yang dikembangkan oleh Hardiansyah et al. (2020) yang telah
di modifikasi penulis untuk mengukur resiliensi akademik. Pengolahan data
dilakukan dengan menggunakan teknik analisis korelasi Spearman Corellation.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara
variabel stres akademik dan resiliensi akademik (p= 0.000, r= -0,348). Hal ini
menunjukkan jika resiliensi akademik tinggi maka stres akademik rendah.
Sebaliknya jika resiliensi akademik rendah maka stres akademik rendah. | en_US |