dc.description.abstract | Hewan peliharaan adalah hewan yang tinggal dan hidup berdampingan dengan manusia.
Para pemilik hewan peliharaan harus memperhatikan asupan makan dan minum, serta
kesehatan hewan peliharaan. Keberadaan dokter hewan di Indonesia pada saat ini masih belum
merata terutama dan menjangkau hingga ke daerah. Selain itu, jumlah dokter hewan di
Indonesia masih belum mencukupi kebutuhan bahkan tidak sampai dengan separuh jumlah
dokter hewan yang dibutuhkan di Indonesia.
Aplikasi HiVet! adalah sebuah rintisan untuk menjembatani komunikasi antara pemilik
hewan peliharaan dengan dokter hewan secara online. Faktor lain yang mendukung
pengembangan aplikasi ini adalah penerapan pembatasan terhadap pergerakan manusia pada
era pandemi COVID-19. Aplikasi ini memberikan kemudahan untuk melakukan konsultasi
online dan membuat janji temu dengan dokter hewan secara online.
Pada pengembangan desain interaksi aplikasi HiVet!, metode yang diterapkan adalah
metode Lean ux. Metode ini memiliki beberapa tahapan yaitu, declare assumption, creating
MVP, run an experiments, serta feedback and research. Tiap tahapnya terdiri dari beberapa
proses yang dapat memberikan solusi maksimal yang dibutuhkan oleh pengguna.
Berdasarkan dengan hasil studi literatur dan kuesioner yang telah dilaksanakan,
dikembangkanlah sebuah prototype MVP dengan menerapkan metode Lean UX yang
kemudian diuji cobakan kepada lima partisipan pemilik hewan peliharaan dengan
menggunakan blackbox testing dan kuesioner SUS untuk mengukur tingkat kegunaannya.
Dengan menerapkan Lean UX, didapatkan nilai kepuasan dengan skor SUS sebesar 80,5
dengan predikat excellent. Hasil dari kuesioner telah membuktikan bahwa desain UI/UX
HiVet! mudah dipahami oleh pengguna dan memenuhi ekspetasi pengguna. Dalam
pengembangan HiVet! telah dimaksimalkan pemahaman serta kolaborasi tiap anggota tim.
Pengembangan HiVet! berfokus pada fitur utama berupa MVP sehingga arah pengembangan
menjadi lebih fokus dan berjalan lebih cepat. | en_US |