dc.description.abstract | UKM Fajar Motor merupakan usaha yang berfokus pada penjualan suku cadang sepeda
motor. Terdapat permasalahan pada UKM Fajar Motor yaitu omzet penjualan yang
tidak stabil dan cenderung menurun pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi pemasaran, kelebihan dan kekurangan strategi tersebut, dan
memberikan usulan perencanaan strategi pemasaran pada UKM Fajar Motor. Penentuan
strategi pemasaran pada penelitian ini menggunakan metode design thinking untuk
menganalisis permasalahan dari sudut pandang internal dan eksternal serta dalam
menentukan strategi pemasarannya, dimana yang terdiri dari lima tahap yaitu
emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Terdapat beberapa pendekatan yang
digunakan seperti wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dan kuesioner System
Usability Scale (SUS), juga menggunakan alat seperti empathy map, Customer Journey
Map (CJM), dan Value Proposition Canvas (VPC). Hasil dari penelitian ini
menunjukkan perlu adanya strategi pemasaran yang baru pada UKM Fajar Motor untuk
memuaskan pelanggan dan meningkatkan omzet UKM Fajar Motor. Sehingga,
diberikan usulan prototype yaitu pertama membuat Standar Operasional Prosedur (SOP)
pelayanan agar pelanggan mendapatkan pelayanan yang terstandarisasi, kedua membuat
media sosial berupa Instagram dan Whatsapp sebagai touchpoint dengan pelanggan agar
pelanggan dapat melakukan pemesanan sebelum berkunjung ke toko, ketiga
memberikan strategi promosi berupa Upload and Get Discount (UGD) dan membership
card, dan yang terakhir yaitu Digital Marketing Canvas (DMC) yang berfungsi sebagai
visualisasi ide berdasarkan pada model bisnis dan strategi pemasaran perusahaan, serta
dapat mengevaluasi secara berkala strategi pemasaran yang ada sesuai kebutuhan. | en_US |