Show simple item record

dc.contributor.advisorWahyudhi Sutrisno, S.T., M.M.,M.T.
dc.contributor.authorRAHMAD FAJRI ANASRUL
dc.date.accessioned2023-01-09T06:56:02Z
dc.date.available2023-01-09T06:56:02Z
dc.date.issued2022-10-05
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41597
dc.description.abstractUKM Fajar Motor merupakan usaha yang berfokus pada penjualan suku cadang sepeda motor. Terdapat permasalahan pada UKM Fajar Motor yaitu omzet penjualan yang tidak stabil dan cenderung menurun pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran, kelebihan dan kekurangan strategi tersebut, dan memberikan usulan perencanaan strategi pemasaran pada UKM Fajar Motor. Penentuan strategi pemasaran pada penelitian ini menggunakan metode design thinking untuk menganalisis permasalahan dari sudut pandang internal dan eksternal serta dalam menentukan strategi pemasarannya, dimana yang terdiri dari lima tahap yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Terdapat beberapa pendekatan yang digunakan seperti wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dan kuesioner System Usability Scale (SUS), juga menggunakan alat seperti empathy map, Customer Journey Map (CJM), dan Value Proposition Canvas (VPC). Hasil dari penelitian ini menunjukkan perlu adanya strategi pemasaran yang baru pada UKM Fajar Motor untuk memuaskan pelanggan dan meningkatkan omzet UKM Fajar Motor. Sehingga, diberikan usulan prototype yaitu pertama membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan agar pelanggan mendapatkan pelayanan yang terstandarisasi, kedua membuat media sosial berupa Instagram dan Whatsapp sebagai touchpoint dengan pelanggan agar pelanggan dapat melakukan pemesanan sebelum berkunjung ke toko, ketiga memberikan strategi promosi berupa Upload and Get Discount (UGD) dan membership card, dan yang terakhir yaitu Digital Marketing Canvas (DMC) yang berfungsi sebagai visualisasi ide berdasarkan pada model bisnis dan strategi pemasaran perusahaan, serta dapat mengevaluasi secara berkala strategi pemasaran yang ada sesuai kebutuhan.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleImplementasi Design Thinking Dalam Pengembangan Strategi Pemasaran Pada Ukm Fajar Motoren_US
dc.Identifier.NIM18522181


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record