Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. M. Hajar Dewantoro, M.Ag
dc.contributor.authorALFI RIF’ATUL MAHMUDAH
dc.date.accessioned2023-01-06T03:04:01Z
dc.date.available2023-01-06T03:04:01Z
dc.date.issued2022-10-25
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41537
dc.description.abstractFenomena pandemi dan dampak yang ditimbulkannya menciptakan urgensi penyesuaian-penyesuaian dalam pendidikan, seperti contohnya penyesuaian proses pembelajaran. Penyesuaian ini memiliki implikasi yang masif, terutama implikasinya terhadap motivasi belajar peserta didik. Dengan kondisi yang berangsur-angsur pulih dan ritme pendidikan yang sudah mulai kembali seperti sebelumnya, maka pertanyaan tentang strategi pembelajaran serta kaitannya dengan motivasi belajar menjadi penting untuk memastikan bahwa keduanya juga kembali pulih ke performa tertinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan urgensi strtaegi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tatap muka di masa transisi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomeologis, penelitian deskriptif kualitatif dengan menempatkan objek yang diteliti seperti apa adanya sesuai dengan bentuk aslinya dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumenttasi. Penentuan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam hal ini adalah Kepala Sekolah SMAN 1 Geger, Waka Kurikulum dan Guru PAI SMAN 1 Geger Madiun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Geger bermacam-macam, diantaranya strategi ekspositori, strategi pembelajaran kooperatif dan strategi pembelajaran aktif dengan berbagai metode yang digunakan seperti metode ceramah, demonstrasi, peer teaching, short card dan drill and practice. 2) Strategi pembelajaran memiliki urgensi yang penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Dengan penggunaan strategi pembelajaran siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran. Hal ini juga didukung oleh berbagai fasilitas yang disediakan.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaranen_US
dc.subjectUrgensien_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.titleStrategi Pembelajaran Guru Pai Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Transisi Di Sman 1 Geger Madiunen_US
dc.Identifier.NIM19913068


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record