dc.description.abstract | Kemajuan teknologi terus berkembang hingga mempengaruhi berbagai aspek, terutama pada
dunia bisnis dan industri. Ditambah lagi adanya pandemi Covid-19 menyebabkan semakin
banyak masyarakat lebih memilih untuk melakukan jual beli barang maupun jasa secara
online melalui e-marketplace seperti Shopee yang menjadi salah satu marketplace populer di
Indonesia. Kehadiran e-marketplace memudahkan masyarakat untuk berbelanja berbagai
kebutuhan seperti kebutuhan elektronik yaitu smartphone yang dalam penggunaannya
memiliki peran penting untuk mengakses informasi kapan saja dan dimana saja yang dapat
menunjang pelaksanaan work from home maupun pembelajaran daring. Berdasarkan hasil
penelusuran barang smartphone di Daerah Istimewa Yogyakarta pada e-marketplace Shopee
diperoleh 3 toko yang memiliki performa terbaik yaitu Appelhouse.store, Jordan Corner dan
Ifonespot yang menjadi subjek dalam penelitian ini. Adanya faktor online customer review
menjadi salah satu pemicu terjadinya transaksi jual beli dengan melihat informasi tersebut
yang telah tertera di setiap toko. Sehingga adapun tujuan penelitian tugas akhir yaitu
melakukan analisis sentimen online customer review toko smartphone Daerah Istimewa
Yogyakarta di e-marketplace Shopee menggunakan lexicon based dan word cloud. Analisis
sentimen dilakukan agar data review pelanggan dapat dibagi ke beberapa sentimen (positif,
negatif, dan netral) menggunakan kamus SentiStrength ID, kemudian hasil sentimen diolah
kembali dengan menggunakan word cloud untuk mengetahui kata sering muncul untuk setiap
sentimennya dan dapat diberikan rekomendasi peningkatan performa penjualan. Dari hasil
pengumpulan data dari April hingga Juni 2022 menggunakan web scraping, diperoleh data
kurang dari 500 untuk dilakukan uji penelitian. Hasil word cloud sentimen positif
menunjukan ulasan ‘mulus’, ‘bagus, ‘aman’, dan ‘ramah’, sentimen netral terkait ‘bh/battery
health’, ’mulus’, ‘puas’, dan ‘awet’serta sentimen negatif mengenai ‘bh/battery health’,
‘turun’, dan ‘kirim’. Berdasarkan hasil fishbone diagram dilakukan perbaikan dengan
meningkatkan quality control produk, menyertakan kebijakan keterlambatan/kerusakan
barang pada toko atau deskripsi produk dan meningkatkan kinerja admin dalam melayani
pelanggan. | en_US |