Show simple item record

dc.contributor.advisorHanson Prihantoro Putro, S.T., M.T.
dc.contributor.authorBAYU DWIYANTO
dc.date.accessioned2022-12-23T02:08:24Z
dc.date.available2022-12-23T02:08:24Z
dc.date.issued2022-10-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41276
dc.description.abstractKuis biasanya menjadi penentuan apakah seseorang dapat memenuhi suatu standar yang ditentukan dalam sebuah pembelajaran. Untuk tujuan akademik, kuis digunakan sebagai bahan penilaian hasil belajar pada periode tertentu atau pada akhir suatu materi. Pada saat ini, pelaksanaan kuis yang umum dilakukan di kebanyakan universitas masih dilaksanakan secara konvensional dengan menggunakan media kertas. Pelaksanaan kuis tersebut memiliki beberapa kekurangan yaitu membutuhkan media kertas yang banyak, biaya yang tidak sedikit, dan proses pemeriksaan jawaban yang memakan waktu yang lama. Tidak jarang ketika kuis selesai dilaksanakan seringkali para mahasiswa tidak mengetahui nilai yang didapatnya dan tidak dapat menjadi bahan evaluasi bagi masingmasing mahasiswa. Berdasarkan permasalahan di atas akan dilakukan pengembangan sistem manajemen kuis dengan pendekatan Service Oriented Architecture. Service Oriented Architecture atau SOA merupakan arsitektur perangkat lunak yang dibuat berorientasi layanan. SOA memiliki kelebihan yaitu memiliki sifat loosely coupled, reuse dan interoperability. Berdasarkan proses pengembangan sistem manajemen kuis dengan Service Oriented Architecture, maka dapat disimpulkan bahwa telah berhasil dirancang sebuah Sistem Manajemen Kuis dengan pendekatan Service Oriented Architecture. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan sistem manajemen kuis dilakukan dengan empat tahap sesuai dengan SOA life-cyle yaitu model, assemble, deploy, dan manage. Sistem manajemen kuis telah menerapkan sifat SOA yaitu loosely coupled. Sebagai contoh yang telah diterapkan adalah sistem memiliki tiga service yaitu service kelas, service kuis, dan service nilai. Setiap service yang berada pada sistem telah berdiri sendiri tanpa bergantung dengan service lainnya. Kemudian pengembangan sistem manajemen kuis dilakukan secara mandiri dan customized sehingga dapat memudahkan dalam penambahan fitur-fitur yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectSistem Manajemen Kuisen_US
dc.subjectService Oriented Architectureen_US
dc.subjectPerancangan Serviceen_US
dc.subjectPengembangan Front-Enden_US
dc.titlePengembangan Front-End Sistem Manajemen Kuis Dengan Service Oriented Architectureen_US
dc.Identifier.NIM18523162


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record