dc.description.abstract | PT. SSK Yogyakarta adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang telekomunikasi
dan konstruksi. PT. SSK Yogyakarta membuka layanan bisnis baru perseroan yang
bergerak di bidang pengolahan media informasi online. Penelitian ini bertujuan
merancang layanan baru digital marketing berdasarkan resource sharing. Penelitian ini
menggunakan metode design thinking yang meliputi tahap emphatize, define, ideate,
prototype dan test. Pengumpulan data tahap pertama menggunakan kuesioner empathy
map dan dilanjutkan pemilihan data menggunakan metode delphi untuk dimasukkan
kedalam empathy map. Tahap selanjutnya adalah define, didapatkan hasil insight adanya
layanan baru dengan layanan cepat serta harga terjangkau yang dapat mencapai target,
meningkatkan nilai penjualan dan permintaan, mampu membuatkan konten yang
menarik, mengelola dan mengurus pemasaraan di Instagram serta media sosial lain, situs
jual beli yang lain (marketplace), mampu memasarkan produk dengan maksimal, mampu
memberikan foto dan video katalog berupa ilustrasi/produk, website dengan tampilan
yang menarik, fitur lengkap, dan memudahkan pengguna. Tahap selanjutnya adalah
ideate, dihasilkan customer journey map dan Service Dominant Business Model Radar
(SDBM/R). Tahap selanjutnya adalah prototype, menghasilkan output rancangan service
blueprint. Hasil dari service blueprint PT. SSK Yogyakarta sebagai penyedia layanan
serta pengelola bisnis. PT. SSK Yogyakarta dapat bekerja sama dengan vendor
percetakan, photography dan videography, dan model konten untuk memaksimalkan
layanan. Dari hasil service blueprint dilakukan peniliaian oleh expert pada tahap test
menggunakan kuesioner Technology Acceptance Model (TAM). Hasil penilaian expert
didapatkan layanan baru digital marketing bermanfaat bagi PT. SSK Yogyakarta yang
dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas perusahaan. mudah digunakan, dan PT.
SSK Yogyakarta berminat menjalankan layanan baru digital marketing. | en_US |