dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesabaran dan stres
akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Pada penelitian ini, terdapat 212
mahasiswa tingkat akhir yang berkontribusi menjadi responden. Alat pengumpulan
data yang digunakan adalah skala kesabaran yang disusun oleh Rusdi (2016) dan
skala stres akademik educational stress scale for adolescents oleh Sun dkk (2011).
Berdasarkan pada uji korelasi Pearson Product Moment, diperoleh nilai koefisien
korelasi sebesar (r)= -0,182 dengan nilai signifikansi 0,004 (p<0,05). Nilai ini
menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan antara kesabaran dengan stres
akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Hal ini dapat diartikan semakin tinggi
tingkat kesabaran yang dimiliki mahasiswa tingkat akhir, maka semakin rendah
stres akademik yang dialami mahasiswa akhir tersebut, begitupun sebaliknya.
Semakin rendah tingkat kesabaran yang dimiliki mahasiswa tingkat akhir, maka
semakin tinggi stres akademik yang dialami mahasiswa tingkat akhir tersebut. | en_US |